UniPin Community Diskusikan Pentingnya Nilai dan Kepemimpinan dalam Komunitas Esports

15
0
SHARE

Serta bagaimana kedua hal tersebut menentukan arah serta kontribusi para anggotanya

UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar rutin bulanan sebagai bagian dari program UniPin Academy. Untuk edisi bulan April, webinar yang terselenggara mengangkat topik komunitas esports dengan judul “Establishing and Growing Your Esports Community”. Webinar ini dilangsungkan secara daring melalui wadah telekonferensi Zoom pada Kamis (22/4) lalu.


Hadir sebagai pembicara ialah veteran dalam komunitas esports Indonesia, Andrew Tobias, Founder Esports Community Team Elvo. Andrew juga merupakan Deputy Head of Comm. Relations PB Esports Indonesia. Selain itu, hadir juga selaku narasumber yaitu, Brigitta Darmadji, Community & Channel Specialist Indonesia for Riot Games SEA.


Kedua pembicara membuka webinar dengan optimisme perkembangan komunitas esports di Indonesia. Terutama dengan adanya infrastruktur yang semakin mapan, sehingga memudahkan siapapun untuk dapat mengakses game daring dari mana saja. Selain itu, kehadiran game-game baru juga pastinya akan menumbuhkan komunitas lewat penggemar-penggemar mereka.

Sebagai seseorang yang telah mengenal seluk beluk komunitas game di Indonesia sejak era game Personal Computer (PC), Andrew menekankan bahwa esensi komunitas merupakan sebuah wadah untuk dapat melakukan banyak hal. Ia menyebutkan selain sebagai tempat silaturahmi, komunitas dapat menjadi jembatan anggotanya untuk dapat melangkah ke tingkatan yang lebih tinggi, seperti kompetisi atau aktualisasi diri. Meskipun begitu, Andrew mengingatkan untuk tetap memberikan garis batas yang jelas antara komunitas dengan organisasi esports,


“Kalau organisasi atau tim esports punya 1-2 orang, jelas. Nah kalau udah komunitas, yang ngeluarin duitnya bareng-bareng, nggak bisa diklaim siapa yang punya. Komunitas adalah punya temen-temen yang berkontribusi di dalamnya. Dalam komunitas, leadership jadi penting, tapi di komunitas kepalanya nggak cuma satu. Para kepala ini harus tahu apa yg dibutuhkan sama temen-temennya di luar dari sisi materi. Selama temen-temennya ini udah nyaman dan kerasan, mereka akan berkontribusi tanpa mengharap imbalan. Karena ketika mereka sudah suka, mereka akan membayar kesenangan mereka lewat komunitas. Itu yang bisa dibilang dari komunitas biasa jadi komunitas yang baik. Yang sampai di mana menimbulkan keinginan mereka mau memajukan komunitas itu.” ujar Andrew.


Senada dengan Andrew, Brigitta menyebutkan bahwa komunitas esports dapat meningkatkan pengalaman bermain game daring. Mewakili Riot Games dan komunitasnya yang sudah sangat besar di seluruh dunia, Brigitta menyebutkan nilai thrive together atau berkembang bersama, memegang kunci penting,


“Di Riot, kita percaya bahwa kita harus berkembang bersama. Kita juga mau semua pemain dan komunitas game Riot memperlakukan anggotanya dengan adil, setara serta menghargai perbedaan dan merayakankeberagaman kami. Intinya, ini semua harus dari kita dan kita ingin ini mengalir ke komunitas, karena ini adalah kunci untuk membentuk anggota komunitas yang berdaya serta komunitas yang baik, sehat dan ramah.” tambah Brigitta lagi.


Setiap bulannya, UNITY secara aktif menyediakan wadah edukasi terkait industri esports. Mulai dari tren perkembangan industri hingga membangun komunitas esports. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan UNITY, UniPin Academy dan webinar-webinar lain dapat diakses melalui instagram resmi UniPin Community, @unipincommunity.

Comments on UniPin Community Diskusikan Pentingnya Nilai dan Kepemimpinan dalam Komunitas Esports