Team RRQ Masuk Top 10 Global Esports Team, Buktikan Esports Indonesia Semakin Besar

76
0
SHARE

Jakarta, 11 Februari 2021 – Di tengah pertumbuhan esports yang semakin pesat di Indonesia, Team RRQ (Rex Regum Qeon) menjadi bukti perkembangan ini. Sebagai tim esports terbesar di Indonesia, Team RRQ baru saja tercatat dalam daftar “Top 10 Global Esports Team 2020” yang dirilis oleh Shareablee, sebuah perusahaan data monitoring asal New York, Amerika Serikat.

Dalam laporan “The State of Social Media 2020” yang dirilis di situs Shareablee, Team RRQ menduduki peringkat ke-3 sebagai tim esports yang memiliki total aksi atau engagement paling banyak di media sosial, yaitu dengan 26,5 juta aksi. Team RRQ hanya kalah dari tim esports asal Amerika Serikat, Faze Clan, dengan 142,9 juta aksi dan G2 Esports, tim esportsasal Spanyol, dengan 38,1 juta aksi.

Hasil ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat Team RRQ beberapa kali terpilih menjadi tim esports terfavorit, baik di tingkat nasional maupun regional. Di tingkat nasional, pada November 2020 Team RRQ memborong 3 piala dari ajang Indonesian Esports Awards 2020 yang diselenggarakan oleh Global TV. Team RRQ terpilih menjadi Pro Team Esports Terfavorit, sementara dua penghargaan lainnya diterima oleh RRQ Lemon dari RRQ Hoshi sebagai Pro Player Esports Terfavorit dan RRQ Ruben dari RRQ Sena Coach Esports Terfavorit.

Dalam Indonesia Gaming Award 2020 yang digelar oleh EXG Verse, Team RRQ juga meraih 3 piala, yaitu sebagai The Most Favorite Esports Team of the Year dan The Most Favorite Gameplay of the Year. Sementara itu, satu penghargaan lainnya diberikan kepada RRQ Alberttt sebagai The Most Favorite Rookie of the Year. Hal ini menunjukkan besarnya basis dukungan untuk Team RRQ di Indonesia, dengan Team RRQ selalu mendominasi ajang penghargaan besar di Indonesia.

Belum cukup sampai di situ, Team RRQ kembali mengantongi penghargaan lainnnya, yaitu dari SuperGamer Fest Awards 2020 yang diselenggarakan oleh PVP Esports. Team RRQ kali ini terpilih sebagai Esports Team of the Year di Asia Tenggara. Sementara itu, M. Ikhsan “Lemon” juga kembali terpilih sebagai Esports Pro Player of the Year.

Dalam SuperGamer Fest Awards 2020, pemenang ditentukan berdasarkan pilihan penggemar dan analisis kuantitatif, mulai dari gaming, hiburan, media, influencer, organisasi esports nasional, penerbit game, hingga telekomunikasi. Dengan kata lain, Team RRQ memenangkan tidak hanya dari jumlah voting, tetapi juga dari analisis kuantitatif yang terpercaya. Mendapat pengakuan di Asia Tenggara membuktikan posisi Team RRQ di luar Indonesia.

Esports Charts yang merupakan media riset tren esports dan streaming juga mencatat tiga pertandingan Team RRQ di M2 Mobile Legends World Championship sebagai yang paling banyak ditonton di urutan kedua sampai keempat. Sebelumnya, di MPL Indonesia Season 6, Team RRQ juga mendominasi viewership dengan menduduki kelima posisi teratas pertandingan dengan penonton terbanyak.

Kini, posisi Team RRQ pun semakin mantap sebagai time sportsterbesar di Indonesia dengan dirilisnya data media sosial yang dikumpulkan oleh Shareablee sepanjang tahun 2020. Data dikumpulkan berdasarkan cross-platform actions atau engagement yang dihitung dari likes, komentar, shares, retweets, dan favorites yang masing-masing merupakan fitur terukur di Facebook, Twitter, dan Instagram. Data ini tidak hanya membuktikan pencapaian Team RRQ, tetapi juga menjadi bukti bahwa esports di Indonesia semakin besar dan mendapat pengakuan dunia.

Comments on Team RRQ Masuk Top 10 Global Esports Team, Buktikan Esports Indonesia Semakin Besar