PRO EVOLUTION SOCCER 2018 & ASIAN GAMES 2018, SEJARAH BARU DI DUNIA ESPORTS INDONESIA

90
0
SHARE

Bacadulusini – Game digital sudah tidak bisa dipandang sebelah matal agi saat ini dan sudah diakui sebagai wadah dan cabang olahraga yang dikenal sebagai electronic-sport atau esports. Selayaknya cabang olahraga yang selama ini kita sudah kenali, esports juga menuntut para athlet mereka untuk berlatih dengan keras secarafisik dan mental, memikirkan strategi, menganalisa lawan, serta memiliki pelatih yang mumpuni.

Eksibisi ASIAN GAMES Jakarta-Palembang menunjukkan banyak sekali terobosan yang telah terjadi di dunia esports. Esports saat ini paling sering dilakukan di berbagai wadah atau platform, yaitu PC, mobile, dan console.Sebelumnya, dan mungkin masih saat ini, ada pelaku industri yang masih menganggap bahwa esports itu sangat sempit dan hanya relevan untuk platform PC.Sekarang jelas kalau mobile dan console pun adalah wadah yang relevan, mumpuni, dan sesuai dengan perkembangan jaman dan dunia esports itu sendiri.

Telkom Indonesia sebagai King of Digital in the region, ingin berperanaktif untuk mengayomi cabang olah raga esports bersama para mitra dan pegiat esports Indonesia seperti komunitas sepakbola Liga1PES, Vainglory, True Digital Plus Indonesia, AGe Network, dan banyak lagi dari organizer, developer & publisher lainnya, akan terus bersama-sama berkolaborasi untuk mendukung pertumbuhan esports Indonesia.

“Bekerja sama dengan PT. Optima Energi Indonesia/AGe Network, PT Metra Digital Media, sebagai salah satu anak perusahaan dari PT. Telkom Indonesia, akan segera menghadirkan stadium esports ‘dedicated’ yang terbesar di Asia Tenggara dengan disertai fasilitas layaknya pelatnas seperti bootcamp dengan connectivity yang mumpuni bagi para atlit untuk berlatih-tanding dengan lawan dari manca-negara,” kata Syaifudin, Direktur Utama PT. Metra Digital Media.

Di Indonesia sendiri, game rental Playstation 4 (PS4), sekarang sudah menjadi cabang olahraga dimana gamer bisa berprestasi dan mengharumkan nama Negara Indonesia. Pro Evolution Soccer 2018 (PES2018) adalah game sepakbola yang dirancang khusus esports dengan mekanisme & balance yang sangat baik.

“Meski sifatnya masih eksibisi, tapi hari ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi industri esports dan komunitas PES, karena gamer yang dulu nya memiliki hobi main PlayStation (PS), di ajang ini mereka bisa bangga sebagai seorang atlit kebanggaan INDONESIA,” kata Valentinus Sanusi, dari komunitas sepakbola Liga1PES Indonesia.

“Kami di Liga1PES sendiri berkomitmen untuk terus mengembangkan sebuah platform yang visi-nya menjadi sebuah liga yang profesional bagi gamer dan komunitas. Dimana di masa yang akan datang, kami mengharapkan pemain dan pelaku benar-benar bisa memiliki karir dan mencari ‘nafkah ’melalui industri ini,”

“Saat kita bilang ‘ini adalah passion saya’, maka ada kewajiban dari kita semua untuk bisa menjadi berkat bagi orang lain dengan melakukan apa yang kita suka! Kenapa ? Karena kalo kita mengerjakan yang kita suka dan yang menikmati Cuma kita sendiri, itu BUKAN PASSION NAMANYA TAPI EGOIS. Hidupi mimpimu dan maju terus esports Indonesia !!!,” lanjut Valentinus dengan berapi-api.

“True Digital Plus Indonesia sangat senang bisa berkolaborasi dengan Liga1PES dan Vainglory serta konten-konten lainnya kedepannya untuk memajukan dan menyemarakkan dunia esports Indonesia. Tahun lalu, Vainglory bekerjasama dengan Telkomsel mengadakan final kejuaraan bergengsi se-Asia Tenggara di Telkomsel Smart Office. Kali ini, kami bekerjasama dengan Liga1PES dan Age Network, dengan dukungan Telkom Indonesia, untuk menyelenggarakan Kualifikasi Nasional PES2018 yang bisa dinikmati oleh seluruh penggemar sepakbola tanah air secara LIVE di channel Liga1PES,” kata Sofian Martineau dari True Digital Plus Indonesia.

Besar harapannya supaya dunia esports Indonesia akan terus didukung oleh pemerintah Indonesia dan akan terus berkembang dimana semua pihak bisa berkolaborasi bersama serta memiliki program yang nyata, transparan, efektif dan terukur.

Comments on PRO EVOLUTION SOCCER 2018 & ASIAN GAMES 2018, SEJARAH BARU DI DUNIA ESPORTS INDONESIA