Home Esports Perkembangan Pesat Pasar Game di Indonesia: Fakta dan Tren Terkini

Perkembangan Pesat Pasar Game di Indonesia: Fakta dan Tren Terkini

0

Pada tahun 2024, Indonesia menandai eksistensinya sebagai salah satu pemain kunci dalam industri game global. Menurut Statista Market Forecast, pasar video game di Indonesia diproyeksikan mencapai pendapatan sebesar US$1,232.00 juta, dengan pertumbuhan tahunan mencapai 7,32%.

Indonesia menunjukkan dominasinya dalam unduhan game mobile di Asia Tenggara, menduduki peringkat kedua untuk pertumbuhan tahunan pada kuartal pertama 2021. Dengan pasar game terbesar di Asia Tenggara dan peringkat ke-16 di dunia, penjualan game di Indonesia mencapai puncak US$1,92 miliar pada akhir 2021.

Sektor eSports juga menjadi pendorong utama pertumbuhan industri game di Indonesia, menyumbang 43% dari total pemain di Asia Tenggara. Inilah yang mendorong pertumbuhan ekosistem eSports di tanah air.

Beberapa perusahaan game terbesar seperti Agate International, Touchten Games, Lentera Nusantara, dan lainnya, menjadi tulang punggung industri game Indonesia. Keberhasilan perusahaan-perusahaan ini mencerminkan potensi besar dan daya tarik game lokal dan regional.

Sumber : nikopartners

Laporan Niko Partners mengungkapkan bahwa Asia, khususnya Indonesia, menjadi wilayah paling vital bagi industri game global. Permintaan tinggi untuk game, eSports, turnamen, dan streaming mencirikan kekhasan pasar game Asia. Indonesia, dengan segala potensinya, memiliki peran penting dalam membentuk tren ini.

Meskipun data spesifik tentang top revenue game di Indonesia belum tersedia, perkembangan positif ini menciptakan landasan kuat bagi pertumbuhan industri game di masa depan. Indonesia, dengan pasar yang berkembang pesat dan antusiasme tinggi dalam game, menjelma sebagai pemain utama dalam panggung game global.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here