OPEN REKRUITMEN EKSPEDISI NKRI 2016

110
0
SHARE

TNI AD tahun 2016 kembali menyelenggarakan Ekspedisi NKRI Papua Barat dengan menghimpun matra lain TNI AL, TNI AU, POLRI serta elemen bangsa lainnya yang disatukan dalam satu wadah yaitu Ekspedisi NKRI. Ekspedisi NKRI ini merupakan ekspedisi yang istimewa dikarenakan, Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan lintas peserta, lintas matra, lintas lokasi, lintas kegiatan serta lintas keilmuan, dimana semua komponen bangsa bersatu dalam menciptakan sinergitas dalam bingkai “Silahturahmi Nasional”. Peduli dan Lestarikan Alam Indonesia adalah tema dari Ekspedisi NKRI 2016, ekspedisi ini terbuka bagi Mahasiswa dan Umum dengan sifat sukarela (volunteer).

Berdasarkan evaluasi beberapa pelaksanaan kegiatan Ekspedisi NKRI, serta kesimpulan dari diskusi-diskusi, maka salah satu penunjang faktor keberhasilan dari Ekspedisi NKRI adalah faktor peserta. Pada Ekspedisi NKRI tahun 2014 seleksi mulai diterapkan sebagai penyaring untuk mendapatkan peserta yang mumpuni walaupun seleksi tersebut belum sepenuhnya menjadi alat ukur.
Salah satu misi dari Ekspedisi NKRI 2016 adalah meningkatkan kualitas dan nilai jual dari Ekspedisi NKRI dan titik awal dari misi tersebut adalah terukurnya semua kegiatan Ekspedisi NKRI, termasuk dengan diperjelasnya kriteria seleksi bagi calon peserta. Kenapa harus ada seleksi untuk ikut dalam ekspedisi? itu adalah pertanyaan yang mendasar. Salah satu latar belakang diadakannya seleksi dalam ekspedisi adalah ekspedisinya sendiri merupakan suatu kegiatan yang menguras fisik, pikiran dan kemampuan dimana peserta akan dihadapkan dengan lingkungan baru diluar lingkungan kesehariannya, peserta dipaksa untuk keluar dari zona nyamannya, peserta akan menghadapi tekanan beban tugas serta tanggung jawab yang besar dalam jangka waktu lama, peserta akan dituntut untuk bisa bertahan dalam kondisi apa adanya, alokasi jumlah peserta yang terbatas di dalam ekspedisi dan yang paling utama peserta tidak akan mendapat imbalan secara materi. Hal tersebut adalah tantangan bagi peserta dan tujuan dari ekspedisi adalah melahirkan individu baru yang lebih baik sehingga Ekspedisi NKRI membutuhkan calon-calon peserta yang kualifikasinya diatas rata-rata.
Untuk Ekspedisi NKRI 2016, proses rekruitmen calon peserta mengalami perubahan dimana calon peserta dibagi dua yaitu:
JALUR MAHASISWA untuk calon peserta yang masih kuliah dan berkeinginan memanfaatkan Ekspedisi sebagai kegiatan akademis dan JALUR UMUM untuk calon peserta dari umum, relawan, yang sudah tidak kuliah/lulus, atau mahasiswa yang tidak akan memanfaatkan Ekspedisi sebagai kegiatan akademis. Juga calon peserta dibedakan dalam 2 bagian yaitu Peserta Pusat yaitu peserta hasil rekruitmen yang lolos seleksi yang berasal dari luar lokasi Ekspedisi dan Peserta Wilayah yaitu peserta yang berasal dari lokasi ekspedisi yang diberikan kehormatan sebagai tuan rumah tidak mengikuti seleksi.
Dari setiap pelaksanaan Ekspedisi, animo serta komposisi asal dari peserta ekspedisi semakin banyak dan luas menyebar ke seluruh wilayah NKRI sehingga bingkai “Silahturahmi Nasional “ benar-benar terlihat dalam Ekspedisi NKRI. Untuk pemerataan kesempatan komponen bangsa lainnya mengikuti Ekspedisi NKRI maka dalam Ekspedisi NKRI 2016, Kodam-kodam dilibatkan dalam perekrutan calon peserta ekspedisi khususnya untuk calon peserta dari Jalur Mahasiswa, akan diseleksi tahap I (seleksi administrasi) di tingkat Kodam. Bagi peserta yang lolos seleksi tahap I akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya dengan pola diasramakan di Pusdikpassus Batujajar Kab Bandung Barat.
Mengingat hal hal diatas maka perlu ditetapkan mengenai prosedur serta mekanisme seleksi tahap I sebagai panduan Kodam melaksanakan seleksi. Seleksi Tahap I merupakan seleksi administrasi yang meliputi verifikasi serta validasi berkas persyaratan administrasi yang wajib disiapkan oleh calon peserta.
Untuk informasi pendaftaran selengkapnya ada di http://www.ekspedisinkri.com/p/tata-cara-pendaftaran-dan-seleksi.html
Silakan dibagikan, buruan mendaftar karena pendaftaran paling lambat tanggal 24 Desember 2015 Pukul 24.00 WIB.
Selengkapnya ‪#‎Bacadulusini‬ >> goo.gl/2Q1DMH

Comments on OPEN REKRUITMEN EKSPEDISI NKRI 2016