Dukung Program Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia

111
0
SHARE

Blibli catat pertumbuhan signifikan pada jumlah UMKM dan order produk lokal setelah satu bulan kampanye #KarenaLokalNo1

Jakarta, 25 Juni 2020 – Blibli terus berupaya untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM melalui kerja sama dengan pemerintah pada program #BanggaBuatanIndonesia. Komitmen Blibli berhasil meningkatkan jumlah seller di berbagai kota serta mendorong pertumbuhan produk di masing-masing kategori yang menjadi fokus dari program nasional tersebut.

Blibli membuat satu laman khusus untuk mendukung kampanye #KarenaLokalNo1 yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima kategori utama: Dunia Makanan, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kesehatan dan Kecantikan, serta Rumah dan Dekorasi. Laman ini dibuat untuk memudahkan pelanggan mencari produk-produk UMKM, di saat yang sama mengajak pelanggan untuk bersama-sama mendukung produk lokal.

Devina Tandian, Associate Vice President of Brand Activation Blibli menyampaikan, “Melalui dukungan terhadap #BanggaBuatanIndonesia, kami melihat pertumbuhan yang pesat dari jumlah UMKM yang bergabung di Blibli. Selain mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, para konsumen pun tetap bisa mendapatkan berbagai macam produk khas daerah dengan mudah serta tetap mendukung perekonomian Indonesia.”

Satu bulan sejak peluncurannya, program nasional #BanggaBuatanIndonesia yang dijalankan di Blibli telah mendorong pertumbuhan order hingga 3 kali dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Blibli mencatat pertumbuhan tertinggi pada kategori Dunia Makanan yang menampilkan aneka ragam makanan khas daerah di Indonesia. Pelanggan dapat membeli makanan dan minuman khas daerah seperti Bakpia Kukus Tugu, Bolu Meranti, Kopi Gayo, hingga Pia Legong dari Bali. Pertumbuhan lainnya ditunjukkan oleh produk fashion wanita dan pria, kecantikan dan kesehatan, serta rumah dan dekorasi.

Pemanfaatan platform online membantu para UMKM lokal untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di pasar yang lebih luas. Jumlah produklokal yang tercatat di Blibli saat ini sudah mencapai sekitar 350.000 produk. Hal ini didorong oleh antusiasme pelanggan untuk mencari produk-produk lokal di Blibli.

Meski beberapa provinsi telah kembali membuka kegiatan ekonominya walaupun terbatas, Blibli tetap mendorong para seller untuk memanfaatan platform online. Hal ini didasari oleh protokol new normal yang telah menciptakan batasan-batasan baru antara penjual dan pembeli. Selain itu, para seller dapat memanfaatkan layanan dari Blibli seperti logistik, gudang, serta mendapatkan berbagai pelatihan dengan memanfaatkan ekosistem Blibli.

Dengan memanfaatkan layanan logistik Blibli, para seller tidak perlu khawatir untuk mengirimkan produk kepada pelanggan di beda pulau. Dari data yang diperoleh Blibli, tercatat bahwa pelanggan Blibli di Kalimantan Timur telah membeli produk dari seller di Aceh, serta pelanggan di Sumatera Selatan yang membeli produk dari Nusa Tenggara Timur.

Comments on Dukung Program Nasional #BanggaBuatanIndonesia, Blibli Hubungkan Penjual ke Pelanggan di Seluruh Indonesia