5 Foto ritual menghidupkan kembali mayat di Tanah Toraja

472
0
SHARE

Bacadulusini.com – Semua makhluk yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Namun kamu tak bisa memperkirakan kapan dan dimana akan tiba giliran itu. Kamu hanya meyakini bahwa setelah meninggal, seorang makhluk nggak mungkin bisa hidup kembali apalagi beraktivitas. Tapi fenomena mayat berjalan nyatanya benar-benar ada di dunia nyata dan menariknya terdapat di Indonesia.

Tepatnya di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, kamu bisa bertemu dengan ‘mayat berjalan’. Toraja memang terkenal memiliki sebuah tradisi mendandani mayat layaknya seperti saat masih hidup. Tradisi ini disebut dengan Ritual Ma’nene, yaitu ritual untuk mengenang para leluhur, saudara, dan handai taulan lainnya yang sudah meninggal dunia.

Hingga kini, ritual Ma’nene yang digelar warga Baruppu di Toraja masih dipertahankan secara rutin sebagai warisan leluhur. Selain itu, ritual yang dilakukan setiap tahun sekali di bulan Agustus ini dimaknai sebagai perekat kekerabatan di antara mereka. Bahkan sudah jadi aturan adat tak tertulis yang selalu dipatuhi oleh setiap warga.

Nah, buat kamu yang belum sempat berkunjung ke Tana Toraja dan menyaksikan langsung ritual Ma’nene, berikut foto-foto dari media sosial :

Selengkapnya ‪#‎Bacadulusini‬ >> goo.gl/2Q1DMH

Comments on 5 Foto ritual menghidupkan kembali mayat di Tanah Toraja