Home News Ulang tahun Jam Astronomi Praha yang ke-605 Dirayakan Google Doodle

Ulang tahun Jam Astronomi Praha yang ke-605 Dirayakan Google Doodle

0
SHARE

Google hari ini mengubah tampilan Google Doodle dengan memasang Jam Astronomi Praha pada halaman depannya, dalam rangka memperingati ulang tahun “Jam Astronomi Praha’.Ini merupakan ulang tahun yang ke -605.

Jam Astronnomi Praha terletak di kawasan Old Town Square. Jam raksasa itu merupakan salah satu contoh jam terbaik dari jenisnya yang masih ada di eropa.Jam yang dalam bahasa setempat di wilayah Ceko di sebut Prazsky Orloj.

Keistimewaan jam Astronomi Praha terletak pada fungsi. Jam itu bukan jam biasa tetapi semacam planetarium dasar yang menampilkan semua yang di ketahui tentang alam semesta di abad pertengahan.
Asal mula jam astronomi ini disalahpahami selama berabad-abad. Banyak orang percaya bahwa pembuatnya adalah seorang ahli jam bernama Hanus, yang juga disebut Jan of Ruze, yang hidup pada abad ke-15. Cerita mengatakan bahwa jam itu dikagumi oleh banyak orang asing, tapi Hanus menolak untuk menunjukkan rencana konstruksinya kepada siapa pun.

Ketika Anggota Dewan Praha menemukan bahwa ia akan membuat yang lain, bahkan jam yang lebih baik, mereka menjadi cemburu dan membutakan matanya, sehingga ia tidak bisa menyelesaikannya. Kemudian ia diduga merusak jam astronomi tersebut sebagai balas dendam, dan tidak ada yang dapat memperbaikinya.

Pernah rusak parah selama pemberontakan akan Nazi di Praha. Ketika sekutu ‘menjemput’ kemenangan atas Perang Dunia II pada 1945, pihak Nazi mulai menyabotase berbagai peralatan, termasuk salah satu bangunan bersejarah di Praha yang jadi tempat berdirinya jam astronomi. Alhasil, jam ini tak berfungsi sampai 1948 sebelum dilakukan proses perbaikan.

Patung-patung itu digantikan oleh replika dan yang mencolok dari jam itu adalah perubahan waktu yang ditunjukkan, dari waktu Ceko Kuno, menjadi Waktu Eropa Tengah.

Selengkapnya ‪#‎Bacadulusini‬ >> goo.gl/2Q1DMH

Comments on Ulang tahun Jam Astronomi Praha yang ke-605 Dirayakan Google Doodle