Home Technology 7 “Shortcut” Praktis untuk Android

7 “Shortcut” Praktis untuk Android

62
0
SHARE

Ingin menjepret momen yang berlangsung spontan di depan mata tanpa repot mencari icon aplikasi kamera? Perlu mengambil screenshot?

Beberapa fungsi dasar yang sekilas terdengar ribet tersebut sebenarnya bisa diakses melalui beberapa shortcut sederhana di perangkat Android.

Aneka jalan pintas ini bisa mempermudah pemakaian, sekaligus menghemat waktu. Menjalankannya pun relatif mudah, seperti dijabarkan dalam daftar singkat di bawah, yang dirangkum Nextren dari PC World, Selasa (26/1/2016).

Perlu dicatat bahwa beberapa shortcut hanya bisa dipakai di perangkat Androd yang sudah menjalankan OS versi 6 (Marshmallow). Lainnya dapat digunakan di versi yang lebh lawas.

1. Kamera lewat tombol daya (hanya Android Marshmallow)

Lock screen perangkat Android sebenarnya menyediakan icon shortcut kamera di pojok kanan bawah layar yang bisa diakses dengan cukup mudah.

Pengguna gadget Marshmallow punya cara yang lebih gampang lagi, yakni dengan menekan tombol daya sebanyak dua kali double click untuk langsung menjalankan kamera.

Beberapa model perangkat juga menyediakan jalan pintas lain dalam bentuk hardware misalnya seri Galaxy S6 dari Samsung yang bisa melakukan fungsi serupa lewat tombol home.

2. Mode “Do not Disturb” instan (hanya Android Marshmallow)

Para pemilik perangkat Android Marshmallow bisa “membungkam” gadget dengan sangat cepat dan sangat mudah.

Cukup dengan menekan dan menahan tombol volume down hingga muncul notifikasi, gadget pun akan mematikan semua bebunyian notifikasi kecuali alarm.

Untuk kembali ke mode normal, tekan dan tahan tombol volume up.

3. “Refresh” situs internet dengan jari

Capek mengarahkan jempol ke tombol refresh yang berada ujung atas layar dalam window browser Chrome? Fungsi serupa bisa dijalankan dengan melakukan pull down atau menarik laman yang sedang dibuka.

Sapukan jari dari tengah layar ke arah bawah sampai muncul tombol notifikasi bulat penanda refresh. Begitu jari dilepas, laman web pun akan dimuat ulang.

4.Panggil Google kapanpun diperlukan

Aplikasi Google yang terpasang di perangkat-perangkat Android menyediakan fungsi personal assistant dan bisa menerima voice input kapanpun dari pengguna. Tapi ia harus diaktifkan terlebih dahulu.

Bukalah aplikasi Google (ditandai dengan icon huruf “g” warna putih dengan latar biru), lalu tekan tombol menu berupa tiga garis horizontal di pojok atas layar.

Selanjutnya, pilih settings > voice > “Ok Google” detection. Begitu diaktifkan, penngguna bisa mulai memakai voice command dari dalam aplikasi Google atau Google Now.

Perangkat juga bisa dibuat agar merespon perintah “Ok Google” dari layar manapun, bahkan saat gadget dalam keadaan terkunci, dengan mengaktifkan opsi “From any screen”.

5. “Now on Tap” dari tombol Jome (hanya Android Marshmallow)

Segala macam pesan yang masuk ke gadget seringkali membuat bingung. Untuk membantu pengguna, pada Android Marshmallow, Google menyertakan fitur baru bernama “Now on Tap”.

Fitur ini bisa dipanggil dengan menekan homescreen dan menahannya selama beberapa saat, lalu Now on Tap akan ditampilkan di layar. Bentuknya serupa kartu-kartu Google Now. Di dalamnya ada aneka informasi terkait pesan yang sedang ditampilkan di layar.

Misalnya, jika pengguna sedang melihat inbox G-mail soal tawaran rumah baru, Now on Tap akan menampilkan tautan ke alamat broker yang bersangkutan, juga lokasi persis properti tersebut di Google Maps.

6. Dua cara mengambil screenshot

Now on Tap di atas juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil screenshot dengan menekan icon “share” di pojok kiri bawah yang muncul ketika fitur ini dipanggil.

Notifikasi pengambilan screenshot akan ditampilkan di layar notification seperti biasa Tapi ada cara lain yang lebih ringkas dan bisa dipakai di perangkat Android non-Marshmallow.

Kamu cukup menekan dan menahan tombol volume Down serta tombol Power secara berbarengan sampai terdengar/ terlihat notifikasi. Screenshot pun tersimpan di Gallery.

7. Lihat info aplikasi dengan gampang
Layar App info pada Android menampilkan berbagai informasi tentang aplikasi yang bersangkutan, seperti ruang internal storage serta data internet yang dipakai. Layar ini biasanya diakses melalui menu Settings > Apps.

Informasi aplikasi bisa dilihat lewat shortcut App info di atas layar dalam App Drawer
Ada alternatif lain untuk memanggil App Info dengan lebih gampang. Caranya adalah dengan membuka App Drawer, lalu menekan dan menggeser icon aplikasi ke bagian atas layar yang menampilkan pilihan “App info”.

Selengkapnya ‪#‎Bacadulusini‬ >> goo.gl/2Q1DMH

Comments on 7 “Shortcut” Praktis untuk Android