Perbedaan Antara Orang Minang dan Orang Padang

    0
    Perbedaan Antara Orang Minang dan Orang Padang

    Sering sekali orang orang menyebut orang yang berasal dari Sumatera Barat itu dengan sebutan orang Padang. Bahkan orang Minang sekalipun saringkali mengatakan asalnya Padang, walaupun mereka berasal dari Pasaman, Bukittinggi, Lubuak Basuang, dan lain-lain.

    “Asli Padang ya?”
    “Padangnya dimana? Bukittinggi”

    Sebutan tersebut sebenarnya kurang tepat, karena tidak semua orang Minang itu adalag orang Padang, dan tidak semua orang Padang adalah orang Minang.

    Padang adalah ibukota dari Provinsi Sumatera Barat dan orang Padang berarti orang yang menetap atau tercatat secara administrasi di wilayah Kota Padang. Nah, apakah dia orang Minang? Bisa jadi iya, bisa juga tidak. Tergantung garis keturunan ibunya atau matrilineal.

    Sedangkan Minang itu adalah suatu suku yang ada di Sumatera Barat. Orang orang yang memiliki darah keturunan Minangkabau. Jadi apakah orang Minangkabau itu adalah orang Padang? Bisa, Jika mereka menetap di kota Padang dan berada di catatan administrasi sebagai warga Padang, jika menetap di Bukittinggi dan tercatat sebagai warga Bukittinggi berarti bukan orang Padang.

    Nah, itulah perbedaan orang Padang dengan orang Minang. Bisa saja orang Padang adalah orang Minang, dan belum tentu orang Minang itu adalah orang Padang.

    Previous articleBerburu Giveaway Diamond Mobile Legends Bareng 30 KOL UniPin Yuk!
    Next articleMentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Apresiasi Pelatnas Esports dan Optimis Raih Emas di Ajang Sea Games

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here